Twitter Notes, Fitur terbaru dari Twitter yang bisa Nge-tweet lebih Panjang

Twitter resmi menguji coba fitur terbarunya bernama Twitter Notes. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna mencuit dengan lebih panjang layaknya menulis blog atau catatan di aplikasi notes.

Twitter notes


Twitter mengatakan fitur ini baru tersedia untuk segelintir pengguna di Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Ghana. Tapi tulisan yang dibuat menggunakan fitur ini sudah bisa dibaca oleh pengguna di sebagian besar negara, baik secara langsung di Twitter maupun di luar.

Pengguna Twitter yang berkesempatan mengikuti uji coba ini bisa mengakses fitur Notes lewat tab ‘Write’. Di tab ini, pengguna bisa menulis catatan baru dan melihat daftar Notes yang telah mereka tulis.

Twitter juga akan menampilkan tab ‘Notes di profil pengguna yang akan menampilkan daftar catatan panjang mereka agar lebih mudah ditemukan oleh followers-nya.

tab notes

Dengan fitur ini, pengguna Twitter bisa menulis artikel panjang dengan pengaturan format dan menambahkan media seperti foto, video, GIF, dan cuitan lain ke dalamnya.

Seperti cuitan pada umumnya, Notes juga akan memiliki tautannya sendiri dan bisa diunggah jadi cuitan, di-retweet, dikirimkan lewat DM, disukai, dan ditandai menggunakan bookmark,

Sebenarnya keberadaan fitur ini di Twitter telah lama dirumorkan. Pada bulan Mei lalu, peneliti aplikasi Jane Manchun Wong mengunggah beberapa screenshot yang menunjukkan fitur baru bernama Twitter Notes dan Twitter Articles.

twitter articles

Fitur baru ini tentu akan sangat berguna untuk pengguna Twitter yang sering hobi menulis utas panjang atau mengunggah screenshot tulisannya sendiri yang dibuat di aplikasi notes agar bisa menampilkan lebih banyak karakter.

Kehadiran fitur Notes juga menandakan salah satu perubahan yang signifikan untuk Twitter, platform yang dikenal dengan konten teks singkat.

Saat Twitter pertama kali diluncurkan pengguna hanya diberikan batas 140 karakter untuk satu cuitan. Batas itu kemudian ditambah dua kali lipat menjadi 280 karakter pada tahun 2017.

Dengan adanya Fitur baru ini, diharapkan akan menambah minat para pengguna untuk menggunakan aplikasi Twitter.

Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa muncul kabar bahwa Elon Musk akan “Membeli” Twitter dengan jumlah dana yang Fantastis.

Namun, sampai kini belum ada pernyataan resmi baik dari pihak Twitter maupun Elon Musk sendiri mengenai desas-desus pembelian sosial media raksasa ini.