7 Rekomendasi Tempat Camping Terbaik di Bandung (On Budget)

Di kota kembang, ada banyak cara untuk bersenang-senang. Kamu bisa mencari tempat mewah, liburan keluarga, tempat belanja, hingga tempat healing harga terjangkau. Untuk yang terakhir, camping murah bisa menjadi pilihanmu.

Murah bukan berarti tak menyenangkan. Dengan lanskap apik dan udara sejuk, camping on budget juga bisa menjadi pengalaman liburan yang menakjubkan.

Ingin segera healing di tengah udara sejuk khas Bandung? Mari simak 7 rekomendasi tempat camping terbaik di Bandung yang kami kutip dari situs napaktilas.net.

1. Ranca Upas

(kredit foto: instagram.com/iriandi_shaputra/)

 

Lokasi Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam buka Setiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk HTM: Rp25.000,00

Campsite: sekitar Rp35.000,00

 

Ranca Upas berlokasi di dekat Situ Patenggang dan Kawah Putih. Tentu kamu tahu bahwa kedua tempat wisata itu menawarkan nuansa dramatis danau dan kawah berkabut di antara gunung-gunung. Sehingga, tidak mengherankan jika cuacanya dingin dan pemandangannya indah. Tempat ini ideal untuk aktivitas luar ruang seperti:

  • Berendam air panas
  • Outbound
  • Berfoto atau prewedding
  • Memberi makan rusa
  • Jalan santai
  • Piknik
  • Camping
  • Glamping

Aktivitas camping bisa kamu lakukan hanya dengan membayar sekitar Rp35.000,00 saja, lho. Kamu bisa memilih beberapa campsite di dalamnya. Contohnya seperti Karaha Bodas, Cilember, Galunggung, Patuha, atau Kawah Putih. Beberapa tempat mungkin akan lebih mahal atau lebih cepat ramai karena pemandangannya yang lebih cantik.

Pengunjung sangat suka berkemah di sini karena pemandangannya menakjubkan. Saat berkemah, mereka kerap bersantai, minum kopi, teh, memasak, dan menyalakan api unggun. Ya, kamu bebas membawa kompor atau menyalakan api unggun, selama tidak mengotori area camping. Beberapa bahkan membawa mobil mereka sendiri untuk campervan. Ini adalah opsi yang lebih ringkas jika kamu membawa anak-anak.

Bagi pengunjung yang mau paket mewah, kamu bisa mencoba glamping di igloo glamping Ranca Upas. Glamping di Igloo Tent sangat nyaman dan menyenangkan. Fasilitas camping mewah sudah disediakan oleh pengelola. Tempat tidur mewah, tenda dome mewah dan berbagai perlengkapan camping yang super mahal sudah bisa kamu nikmati di sini.

Seru, kan?

Dari Bandung, waktu tempuh ke Ranca Upas adalah sekitar 1,5 jam perjalanan. Rasakan sejuknya udara pegunungan dan hamparan kekayaan alam yang indah. Gunung-gunung, bukit hijau, dan pepohonan akan menyambutmu.

Masih belum puas? Lanjutkan petualanganmu ke lokasi camping cantik selanjutnya, ya.

2. Bukit Moko

(kredit foto: instagram.com/georginacitra/)

 

Lokasi Cimenyan, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam buka Setiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk HTM: Rp15.000,00

Campsite: Rp25.000,00

 

Dari tempat berkabut, kini ke area berbintang!

Berjarak 12,9 km dari kota Bandung, Bukit Moko adalah campsite yang cocok didatangi jika waktumu terbatas. Apalagi, di sana kamu bisa menikmati hamparan kota Bandung dari atas.

Suasana yang paling disukai wisatawan adalah pada malam hari. Saat itu, lampu-lampu dan kerlip perkotaan membuat kamu seolah menghadap ke langit bertabur bintang. Ditambah lagi, udara di sana sangat sejuk. Pada malam hari, dinginnya bertambah.

Suasana alam di Bukit Moko juga sangat cantik. Banyak pepohonan pinus teduh yang akan melindungimu dari sinar matahari. Area pinus ini kerap digunakan untuk trekking dan berfoto. Jalur khusus yang dipersiapkan sangat nyaman, sehingga pengunjung pun dapat berolahraga dan jalan santai dengan tenang sekaligus menghirup udara segar.

Jika ditanya alasan mengapa pengunjung senang berkemah di sana, salah satu jawabannya adalah semua waktu terasa indah. Maksudnya? Berada dekat dengan Hutan Pinus, setelah bangun pagi, kamu bisa menyegarkan diri dengan olahraga pagi. Saat sore, kamu dapat menikmati indahnya sunset di dekat area kemah. Dan, pada malam hari, ada dua pilihan: menikmati malam berbintang di area kemah, atau ke Bukit Bintang.

Menanjak sekitar 200 meter dari area berkemah, kamu akan menemukan Bukit Bintang. Inilah bukit di mana kamu seolah hanya setapak dari langit berbintang di atas sana. Di bawahnya, melengkapi pemandangan Bandung saat malam yang lebih luas dibandingkan saat dilihat dari area berkemah. Tersedia pula spot foto Dermaga Bintang dari dek kayu yang bisa digunakan berfoto dengan latar pinus, pegunungan, dan juga langit cerah.

Pengelola juga menyediakan fasilitas lengkap untuk campers. Ada musala, toilet, warung makan, bahkan kayu bakar dan tenda pun bisa disewa. Bagaimana? Seru sekali bukan? Eits, masih banyak keseruan lainnya saat melakukan outdoor activities di Bandung! Baca terus, ya.

3. Wisata Batu Kuda

(kredit foto: instagram.com/batukudaofficial/)

 

Lokasi Cibiru Wetan, Kec. Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam buka Setiap hari, 08.00-18.00 WIB
Harga tiket masuk Rp7.500,00 (weekdays)

Rp10.000,00 (weekend)

 

Sekarang, mari ke area camping yang sarat akan sejarah.

Wisata Batu Kuda dikenal sebagai taman wisata. Namun, di sana kamu juga bisa berkemah, lho. Apalagi, di dalamnya terdapat deretan pohon pinus yang sangat teduh.

Wisata Batu Kuda membuat camping on budget terasa mudah karena jaraknya tidak jauh dari tempat parkir. Selain itu, di dalamnya terdapat beberapa warung makan.

Karena konturnya yang berbukit, beberapa jalan area camping menanjak. Namun, tak perlu khawatir. Karena, tanjakannya tidak ekstrem dan masih aman digunakan untuk berjalan. Nah, dari area ini, kamu bisa melihat kota Bandung dari atas.

Kawasan yang dikelola perhutani ini memang salah satu tempat wisata yang bersejarah. Untuk itu, penjagaannya cukup ketat dan area selalu terjaga dengan bersih.

Area dengan ketinggian 1150 mdpl ini menawarkan udara sejuk. Jadi, jangan lupa untuk membawa baju hangat yang cukup, ya!

Hal yang paling disukai pengunjung di sini adalah deretan pinus indahnya. Area ini bisa dijadikan tempat memasang hammock atau berfoto. Selain itu, Wisata Batu Kuda juga cukup dekat dengan beberapa tempat wisata, seperti Restoran Wisata Kuda 1000 Manglayang dan tempat selfie Tangga 1000.

Nah, masih mau camping on budget di tempat lain yang tak kalah menarik? Yuk, kita jalan-jalan lagi!

4. Pine Forest Camp

(kredit foto: instagram.com/jibrugs_official/)
Lokasi Suntenjaya, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam buka Senin-Jumat, 08.00-16.00 WIB

Sabtu-Minggu, 24 jam

Harga tiket masuk HTM: Rp25.000,00

Sewa camping ground: Rp50.000,00 (tenda bawa sendiri)

Standar camp (kapasitas 3 orang) Rp.600.000,00

Exclusive camp (kapasitas 4 orang) Rp.800.000,00

Camping POD (kapasitas 4 orang) Rp.1.000.000,00

 

Apakah kamu benar-benar ingin healing dan menjauh dari keramaian? Cobalah ke Pine Forest Camp yang terletak di Desa Suntenjaya, Bandung Utara. Suasananya tenang, jauh dari kesibukan kota. Udaranya pun sejuk.

Camping ground exclusive ini memang khusus dibuat untuk aktivitas luar ruang. Dilansir dari situs resminya, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini seperti:

  • Family Gathering / Company Gathering
  • Outdoor Party and Games
  • Team Building / Outbound Training
  • Paintball
  • High Rope Course & Flying Fox
  • Exclusive camping

Mengapa kegiatan kemahnya disebut eksklusif? Hal tersebut merujuk kepada kondisi camping site yang tertutup. Dikelilingi hutan pinus dengan penjagaan khusus, area camping tidak akan mudah dimasuki orang luar. Semua yang berada di sana adalah penyewa. Kamu bahkan tidak perlu menyediakan peralatan. Semua tersedia di sana.

Di dalamnya, juga terdapat tempat makan, musala, kamar mandi, dan toilet. Inilah yang membuat pengunjung betah. Selain itu, pengunjung juga bisa berkemah di lingkungan bersih, berfoto-foto, bermain gim, dan merekatkan hubungan dengan orang terdekat. Kebahagiaan-kebahagiaan sederhana itu disukai oleh mereka.

Selain tenda, ada juga camping pod alias glamping yang lebih kokoh seperti cottage. Pilih mana paket yang sesuai buatmu, ya.

Berada 22,1 km dari Bandung, lokasi ini cukup mudah untuk dijangkau. Akan lebih baik menggunakan bus yang kecil atau kendaraan biasa agar kamu tidak perlu repot memarkir kendaraan dengan jarak 500 meter dari tempat camping. Dari sana, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata seperti Kereta Gantung Sasak Apung atau Anno Farm.

Oh ya, kami masih punya rekomendasi tempat asyik lain untuk camping dan healing. Yuk, kita lanjutkan.

5. Green Hill Park TWA Cimanggu

(kredit foto: instagram.com/greenhill_ciwidey)

 

Lokasi Jl. Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam buka Setiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk HTM: Rp40.000,00

Permainan-permainan: Rp70.000,00-Rp175.000,00

Bungalow: Rp1,5juta-Rp2,5 juta

Saung: Rp1,8 juta

Glamping: Rp1-Rp1,4 juta

 

 

 

Kembali ke Rancabali, ada tempat asyik dan memancarkan nuansa hangat lagi nih buat kamu dan keluarga!

Dikelilingi hutan yang alami, tempat ini adalah favorit banyak orang untuk berlibur. Taman wisata seluas 21 hektar ini menawarkan banyak hal di antaranya:

  • Arung jeram
  • Sauna dan kolam panas
  • Paintball
  • Pesan jagung dan ketan bakar
  • Trekking hutan Green Hill
  • Api unggun
  • Trip khusus ke Kawah Putih
  • Pondok dan villa
  • Camping

Untuk kamu yang menginginkan kenyamanan saat menginap, kamu bisa memilih glamping, pondok atau vila yang dibanderol dengan harga layak. Namun, kalau kamu betul-betul ingin menikmati nuansa outdoor, mengapa tidak mencoba camping?

Camping ground-nya luas, rapi, dilindungi pepohonan. Selain itu, harganya juga terjangkau. Untuk para campers dan penginap lain, disediakan beberapa fasilitas yang bisa dinikmati, mencakup:

  • Gazebo
  • Toilet
  • Kamar mandi
  • Area parkir
  • Outbound
  • Paket Wisata
  • Paket Tur

Begitu banyak hal yang disukai pengunjung di sana. Mereka bisa duduk-duduk, olahraga, bermain, arung jeram, makan. Semuanya bisa. Ini adalah tempat menginap dan berlibur untuk semua.

Dari Bandung, jaraknya sendiri sekitar 65 menit perjalanan atau 42 km jika kamu ingin menggunakan kendaraan pribadi. Kamu pun bisa menggunakan angkot dari Bandung dengan tujuan Terminal Ciwidey, kemudian ganti angkot jurusan Rancabali.

Berada dekat Kawah Putih dan Situ Patenggang yang legendaris, rasanya sayang melewatkan tempat ini! Apalagi, di sebelahnya ada Restoran Kopi Gunung yang cantik. Namun, kalau kamu masih penasaran sama tempat camping lain, kami masih punya daftarnya.

6. Gunung Putri Lembang

(kredit foto: instagram.com/wonderful_location/)

 

Lokasi Jalan Kurunangan Lebak Muncang, Lebakmuncang, Kec. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam buka Setiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk Rp20.000,00

 

Sekarang, kita ke tempat camping yang juga bisa dijadikan tempat berlatih naik gunung.

Kalau naik gunung lainnya terlalu melelahkan, kamu bisa mencoba trekking sekaligus camping di Gunung Putri Lembang. Treknya mudah dilalui newbie. Waktu yang dibutuhkan untuk ke bagian puncaknya hanya 30 menit!

Di puncak, pemandangan kota Bandung begitu gemilang dan cantik. Pada pagi hari, pemandangan kota Bandung berhias kabut. Rasanya seperti berhadapan dengan lautan awan yang megah.

Sementara itu, pada malam hari, pemandangannya seperti lukisan langit berbintang.

Area puncak adalah area favorit untuk membangun tenda. Udaranya dingin dan pemandangannya sangat menawan. Yang disukai oleh pengunjung adalah memasang hammock, memasak di tengah udara dingin, dan menyalakan api unggun.

Gunung Putri Lembang berada di dekat De Ranch, wisata peternakan, Orchid Forest Cikole, dan beberapa kafe menarik seperti Sisi Gunung. Jaraknya dari Bandung hanya 20,5 km atau 43 menit perjalanan.

Bagaimana? Masih penasaran dengan tempat camping menarik di area Bandung? Kami masih punya satu kejutan lagi!

7. Cantigi Camp

(kredit foto: instagram.com/dunia_outbound/)

 

Lokasi Jl. Raya Cileunyi RT01 RW03, Manjah Beureum, Kulon, Cileunyi Kulon, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam buka Sabtu-Kamis: 08.00-16.00 WIB
Harga tiket masuk Rp15.000,00

 

Mau senang-senang sambil menginap? Yuk, kita ke Cantigi Camp.

Cantigi Camp terkenal sebagai lokasi outbound. Namun, ia juga menyediakan lokasi camping  yang tidak hanya dikhususkan bagi peserta outbound.

Kamu bisa membayar untuk biaya camping saja untuk sekadar mendirikan tenda. Beberapa fasilitas seperti kedai-kedai makanan, musala, dan toilet sudah cukup membantu. Namun, kalau kamu ingin pengalaman yang lebih seru, kamu bisa memilih beberapa paket seperti:

  • Outing
  • Kids and teenager program
  • Training

Di tengah pepohonan pinus yang menjulang tinggi, mendirikan tenda adalah hal yang sangat menyenangkan. Apalagi, kamu juga bisa menyalakan api unggun atau memasak sendiri jika dibutuhkan.

Pengunjung sangat senang dengan betapa rapinya tempat ini. Kemudahan aksesnya pun menyenangkan terutama bagi pengguna kendaraan roda empat. Area parkir luas, tidak jauh dari tempat berkemah. Dari Bandung, jaraknya juga hanya 38 menit atau 20 km saja.

Salah satu tempat favorit untuk berkemah bagi para pengunjung adalah di area tepi sungai. Cantigi Camp memang berada di dekat sungai yang kecil dan indah. Di sungai itu  kamu juga dapat mencuci kaki atau sekadar bermain air, atau melakukan kegiatan outbound.

Di dekat Cantigi Camp, banyak tempat makan yang enak. Misalnya seperti Rumah Makan Sunda Sukahari Cinunuk dan WN. Ampera Cinunuk.

Bandung selalu memberikan jutaan kejutan bagi pencari liburan jenis apa saja. Apakah kamu sudah tahu mana tempat camping yang paling pas buatmu? Jika sudah, segera kemas barang bawaanmu, jangan lupa untuk mengenakan baju hangat karena udaranya akan sangat dingin!