Aneka Kuliner Tradisional Khas Indonesia Yang Lezat

Indonesia punya banyak kuliner tradisional khas yang lezat. Semua kuliner tradisional itu masih banyak diminati walau kini sudah banyak makanan luar negeri yang masuk ke Indonesia.

Semua kuliner tradisional itu bisa kamu temukan di berbagai daerah di Indonesia. Adapun beberapa diantaranya bisa disimak di bawah ini!

Aneka Kuliner Tradisional Khas Indonesia yang Lezat

1. Gudeg

Ini adalah kuliner tradisional yang biasa ditemukan di Jogja. Kuliner ini dibuat dari nangka muda yang dimasak santan selama beberapa jam. Setelah matang, nangka itu lantas disajikan bersama dengan nasi putih dan beberapa lauk lainnya, seperti tahu, ayam kampung, krecek, dan sambal goreng.

2. Nasi Bogana

Tegal tidak hanya terkenal karena warteg saja. Kota yang ada di Jawa Tengah ini juga punya makanan khas yang wajib disantap, yaitu nasi bogana. Kuliner ini terdiri atas nasi putih yang disajikan dengan opor ayam, dendeng sapi, sambal terasi, sambal goreng, dan serundeng kelapa. Nasi beserta lauk-pauk itu lantas dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang.

3. Nasi Langgi

Jika kamu main ke Solo, jangan lupa untuk mencoba kuliner ini. Kuliner satu ini punya cita rasa yang gurih. Adapun bahan-bahan kuliner ini adalah nasi yang dimasak dengan santan kelapa, kentang, telur dadar, serundeng, empal, tempe kering, dan lalapan.

4. Nasi Jinggo

Selain tempat wisatanya yang banyak dan menarik, Bali juga punya kuliner yang beragam. Salah satunya yang harus dicoba adalah nasi jinggo. Pada zaman dulu, kuliner ini dijual dengan harga Rp 15 ribu, sehingga tidak heran jika kuliner ini dinamai jinggo yang dalam bahasa Bali berarti “seribu lima ratus”. Adapun kuliner ini terdiri atas nasi putih, ayam suwir, tempe goreng, dan serundeng.

5. Nasi Jamblang

Kalau berkunjung ke Cirebon, jangan lupa untuk mencoba kuliner satu ini. Kuliner satu ini punya ciri khas berupa penyajiannya yang dibungkus dengan daun jati, serta pilihan lauknya yang beragam. Adapun lauk-pauk itu adalah sate kentang, perkedel, telur dadar, dan sayur tahu.

6. Nasi Tumpeng

Kuliner satu ini bisa kita temukan di berbagai acara sakral, seperti hajatan dan pernikahan. Kuliner khas tanah Jawa ini biasanya disajikan dalam ukuran besar berbentuk kerucut dan bagian bawahnya dilengkapi lauk-pauk.

Selain lezat, kuliner ini juga kaya akan nilai filosofi pada setiap bahannya. Misalnya nasi yang bermakna kemakmuran dan telur yang bermakna kita harus melakukan sesuatu secara terencana. Kamu bisa membuat kuliner ini sendiri atau bisa memesannya lewat jasa terima pesan tumpeng.

Itulah aneka kuliner tradisional khas Indonesia yang lezat dan bisa dicoba. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi untuk pembaca Paste.co.id yang ingin mencoba kuliner khas Indonesia.