8 Kuliner Khas Jawa Barat yang Menggugah Selera

Jawa Barat, sebagai salah satu provinsi di Indonesia, menyajikan beragam kekayaan budaya, termasuk dalam hal kuliner. Berikut adalah delapan kuliner khas Jawa Barat yang tidak hanya lezat namun juga mampu menggugah selera Anda sebagaimana yang dikutip dari situs firelesskitchen.com.

  1. Sate Maranggi: Sate Maranggi adalah hidangan sate khas Jawa Barat yang menggunakan daging sapi muda sebagai bahan utama. Daging ini kemudian ditusuk dan dipanggang dengan bumbu khas seperti kencur, ketumbar, dan bawang merah. Rasanya yang gurih dan pedas membuat Sate Maranggi menjadi pilihan favorit para penikmat kuliner.
  2. Nasi Tutug Oncom: Nasi Tutug Oncom adalah hidangan nasi yang dicampur dengan oncom, sebuah olahan fermentasi dari biji kacang kedelai. Nasi Tutug Oncom sering disajikan dengan lauk seperti ayam goreng, tempe, dan tahu. Keunikan rasa oncom memberikan sentuhan lezat pada nasi tutug ini.
  3. Batagor: Singkatan dari Bakso Tahu Goreng, Batagor adalah hidangan yang terdiri dari bakso ikan yang digoreng dan tahu isi, disajikan dengan kuah kacang dan saus kacang yang khas. Kelezatan Batagor membuatnya menjadi jajanan yang banyak diminati, terutama di daerah Bandung.
  4. Lontong Kupang: Lontong Kupang adalah hidangan tradisional yang terbuat dari lontong, daging kupang (kerang kecil), dan kuah kacang yang kental. Rasa gurih dan pedas dari kuah kacangnya memberikan sensasi yang unik dan menggugah selera.
  5. Sundanese Salad (Karedok): Karedok adalah salad khas Sunda yang terdiri dari sayuran mentah seperti kacang panjang, kubis, dan tauge yang dicampur dengan bumbu kacang yang pedas. Kelezatan Karedok tak hanya berasal dari segar dan renyahnya sayuran, tetapi juga dari keunikan bumbu kacangnya.
  6. Soto Bandung: Soto Bandung merupakan varian soto khas Jawa Barat yang menggunakan daging sapi, daun bawang, dan tomat sebagai bahan utama. Kuahnya yang gurih dan kaya rempah membuat Soto Bandung sangat disukai, terutama disajikan dengan nasi hangat.
  7. Serabi Notosuman: Serabi Notosuman adalah jajanan tradisional yang berasal dari daerah Garut. Serabi ini terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur kelapa parut dan gula kelapa, kemudian dipanggang hingga matang. Kelembutan serabi dan keharuman kelapa parut membuatnya menjadi camilan yang menggugah selera.
  8. Colenak: Colenak adalah makanan ringan yang terbuat dari singkong yang dipanggang atau digoreng, kemudian disiram dengan kuah gula merah dan ditaburi kelapa parut. Kombinasi rasa manis gula merah dan kelembutan singkong membuat Colenak menjadi hidangan penutup yang lezat.

Dengan keberagaman kuliner khasnya, Jawa Barat memang menyajikan sajian yang dapat menggugah selera setiap penikmatnya. Jelajahi dan nikmati kelezatan kuliner tradisional Jawa Barat yang unik dan memikat lidah Anda.

You May Also Like

About the Author: Wingki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *